Thursday, April 18, 2013

Cara Merawat Burung Cucak Ijo


cara merawat cucak ijo

Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu: 

1. Kandang
Cucak ijo memiliki karakter burung yang gesit dan suka meloncat-loncat jadi anda harus memilih sangkar yang sesuai, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar, pilihlah ukuran sangar yang sedang dan idial untuk burung ini. Baik untuk di rumah maupun untuk di bawa lomba, sangkar yang berukuran sedang lebih ideal untuk dibawa jajarak jauh.  Jika untuk ternak sebaiknya memakai kandang yang besar. 
Jangan lupa kebersihan sangkar harus dijaga, terutama air minum dan wadah pakan. Setidaknya seminggu sekali wadah di bersihkan dan di gosok agar lumut yang menempel menjadi bersih, sedang kotoran seabaiknya 3 hari sekali di bersihkan.

2. Makanan 
Makanan burung cucak ijo adalah serangga dan juga buah buahan, untuk jenis serangga paling disuka adalah belalang, jangkrik dan ulat bambu, sedang buah biasanya  buah pepaya dan pisang kepok, berikan makanan secukupnya saja agar kotaoran tidak kemana mana.

3. Mandi
Adapun waktu yang paling tepat untuk memandikan burung dapat dilakukan pada pagi hari, yaitu antara pukul 9.00 WIB hingga 10.30 WIB. Cukup disemprot saja setelah basah burung dijemur.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts