Monday, April 29, 2013

Sudahkah Anda Memilih Burung Cucak Jenggot dengan Benar



Bagi penghobi burung pasti sudah tidak asing lagi dengan Cucak Jenggot, burung yang memiliki jenggot ini dikenal cerdas dan sedang ramai diperbincangkan. Itu terbukti saat ini banyak penghobi burung mencarinya. Sekarang ini burung cucak jenggot tidak hanya dijadikan master tetapi menjadi salah satu burung yang diperlombakan karena suaranya yang khas berupa tembakan-tembakan.

Burung ocehan ini dulu dipandang sebelah mata tetapi seiring berjalannya waktu menjadi sangat dicari penggemarnya oleh sebab itu semakin menaikan harganya. Burung yang sudah jadi atau sudah pernah menang kontes harganya bisa mencapai diatas satu jutaan lebih. Burung yang lebih dikenal sebagai master untuk burung anis merah, murai batu, cucak hijau dan lainnya ini memang mempunyai suara yang berkelas untuk dilombakan.

Kepopuleran itulah yang membuat para penghobi burung yang ingin memelihara bakalan terkadang tertipu oleh penjual burung yang curang dan ingin memungut keuntungan untuk dirinya sendiri. Yang harus diperhatikan dalam memilih burung cucak jenggot adalah sebagai berikut :

1. Pilihlah yang berpostur tubuh sedang dengan panjang antara leher, badan, kaki dan ekor yang serasi. Jangan memilih bakalan yang berbadan dan berleher pendek.
2. Bentuk paruhnya pilihlah yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Dan carilah yang paruh bagian bawah lurus.
3. Carilah yang posisi lubang hidungnya sedekat mungkin dengan mata.
4. Sayap menggepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menunjukan bakalan tersebut memiliki irama panjang.
5. Warna bulu yang tegas, ini menandakan bakalan tersebut sehat.
6. Perhatikan pada jambul dan jenggot, pilihlah yang bulu jambul dan jenggotnya tebal.
7. Gerakan yang lincah dan rajin bunyi inilah burung yang menggambarkan karakter mental baik dan memiliki prospek cerah.

sekian artikel dari saya semoga menambah wawasan sobat pecinta burung sekalian....


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts