Saturday, April 27, 2013

Merawat Kaki dan Kuku Burung Kenari

merawat kuku kenari pict


Secara alami, dengan semakin bertambahnya umur burung kenari maka sisik kaki burung akan bertambah tebal dan kukunya juga ikut bertambah panjang. Kuku yang panjang selain mengurangi keindahan penampilan juga membuat burung kenari kerepotan karena daya cengkramnya berkurang, dan kuku yang panjang ini bisa pula menimbulkan cidera dan luka pada jari kaki burung apabila kuku tersebut nyangkut di jeruji sangkar.


Perawatan sisik pada kaki burung 

Untuk mencegah agar sisik pada kaki burung kenari tidak bertambah tebal lakukan hal sebagai berikut :

- Jika sisik kaki burung belum tampak menebal cukup oleskan minyak tawon dengan menggunakan kapas secara rutin 3-5 hari sekali.
- Jika sisik pada kaki burung sudah terlanjur menebal oleskan minyak tawon dengan menggunakan kapas dan biarkan sejenak, setelah beberapa saat maka sisi-sisik yang menebal tersebut akan lunak, koreklah dengan perlahan dengan menggunakan jari kita.

Perawatan kuku pada jari burung

Untuk mencegah agar kuku burung kenari tidak bertambah panjang ada 2 hal yang harus dilakukakan yaitu :

Pertama dengan cara kuku burung kenari dipotong secara berkala. Adapun cara memotong kuku burung kenari yaitu burung kenari dipegang tangan kiri sedangkan tangan kanan memegang gunting, mengenai alat pemotong kuku terserah mau menggunakan gunting atau alat pemotong kuku (gunting khusus buat kuku), hanya yang harus diperhatikan adalah pada saat memotong kuku jangan sampai terlalu dekat atau memotong pembuluh darah. Jika sampai pembuluh darah terpotong akan kesulitan menghentikan pendarahannya. Untuk lebih jelas bisa lihat gambar diatas.

Yang kedua yaitu tangkringan/tenggeran yang digunakan harus kasar, jika Anda membeli tangkringan produk pabrik biasanya permukaannya sudah ada lapisan pasir, gunanya adalah untuk mengikis kuku burung kenari agar tidak terlalu panjang. 

tenggeran burung pict


Seperti kita ketahui burung-burung di alam bebas jarang terlihat kukunya memanjang, mungkin mereka punya cara tersendiri untuk memotong kuku-nya. Burung yang dipelihara didalam sangkar mempunyai fasilitas yang tersedia terbatas maka kita sebagai tuannya harus menyediakan alat untuk merawat kuku.

sekian artikel dari saya semoga bisa menambah wawasan sobat pecinta burung sekalian....

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts