Monday, April 29, 2013

Cucak Jenggot Burung Master Sepanjang Masa



Cucak Jenggot atau yang memiliki nama latin Alophoxius Bres (Grey-Cheeked bulbul dalam bahasa Inggris) merupakan keluarga dari Pycnonotidae. Burung pemakan buah ini memiliki suara besetan yang cukup khas dan sering disertai dengan tembakan, baik itu cucak jenggot jantan maupun cucak jenggot betina. Meski oleh sebagian kicau mania cucak jenggot sering di anggap sebagai burung master, namun dalam perkembanganya, cucak jenggot bisa juga dijadikan sebagai maskot dan bahkan dimaster oleh burung lain,
Untuk bisa membedakan jenis kelamin cucak jenggot, pada dasarnya memang tidak mudah layaknya mengenali ciri-ciri cucak ijo atau burung lainya. Namun demikian, berikut di bawah ini sekilas cara membedakan cucak jenggot jantan dan cucak jenggot betina.

1. Ciri-Ciri Cucak Jenggot Jantan- Suara kicauan variatif dan tidak hanya monoton.- Jika di trek dengan cucak jenggot lain, tidak ngeleper (menggetarkan sayap).- Jika usianya sudah mapan, Cucak jenggot jantan tidak bertelur apabila kelebihan extra fooding.- Badan lebih simetris baik itu di lihat dari kepala, punggung maupun ekor.- Warna di dada lebih banyak di dominasi dengan warna kuning.
2Ciri-ciri Cucak Jenggot Betina
- Suara kicauan cenderung monoton dan lebih banyak di dominasi dengan suara besetan / ngesrek.
- Jika di trek dengan cucak jenggot lain, khususnya dengan cucak jenggot jantan, sayapnya akan ngeleper.
- Jika usianya sudah mapan, Cucak jenggot betina akan bertelur, terutama jika digenjot dengan extra fooding.
-. Bentuk badan kurang begitu simetris
- Warna dada lebih banyak di dominasi dengan warna putih dibanding dengan warna kuning.
- Suara kicauan cenderung monoton dan lebih banyak di dominasi dengan suara besetan / ngesrek.- Jika di trek dengan cucak jenggot lain, khususnya dengan cucak jenggot jantan, sayapnya akan ngeleper.- Jika usianya sudah mapan, Cucak jenggot betina akan bertelur, terutama jika digenjot dengan extra fooding.-. Bentuk badan kurang begitu simetris- Warna dada lebih banyak di dominasi dengan warna putih dibanding dengan warna kuning.
Perlu diketahui bahwa ciri-ciri cucak jenggot jantan dan ciri-ciri cucak jenggot betina di atas hanyalah berdasar pada pengalaman dari mayoritas pemain burung. Persoalan valid atau tidaknya, monggo di coba sendiri.
Perawatan Burung Cucak JenggotSeperti burung yang lain cucak jenggot juga memerlukan perawatan mandi jemur. Perawatan ini harus rutin dan teratur, agar burung dapatbekerja dengan stabil. Setiap kicau mania mempunyai cara yang berbeda-beda dalam merawat burung andalannya, tapi secara umumperawatan dimulai pukul 07.00 ketika kerodong dibuka. Setelah itu burung diangin-anginkan selama setangah jam.
Setelah diangin-anginkan burung dimandikan di keramba. Sebagian besar cucak jenggot mandi di dalam keramba, apabila tidak mau keramba boleh disemprot. Pada waktu burung mandi sangkar bias dibersihkan. Jangan lupa mengganti air minumbuah dan voer dengan yang baru. Berikan pula ekstra fooding berupa jangkrik dua ekor dan ulat hongkong seekor, kalau bias yang putih (baru ganti kulit) kemudian burung dijemur.
Penjemuran bisa dilakukan selama 1 hingga 2 jam, kalau bias jangan lebih dari itu, karena dapat merusak burung. Pada saat penjemuran, sebaiknya tidak terlihat cucak jenggot lain, agar birahi burung dapat terjaga. Setelah dijemur diangin-anginkan selama 15 menit kemudian dikerodong lagi, pada sore hari berikan seekor jangkrik dan ulat hongkong. Ada pula kicau mania yang tidak mengerodong cucak jenggotnya setelah penjemuran, hal itu dibolehkan, tergantung karakter masing-masing burung. Tapi perlu diingat, malam hari burung harus dikerodong.
Prospek Dan Harga Burung Cucak JenggotSetahun yang lalu, jumlah gantangan untuk kelas cucak jenggot bisa di hitung dengan jari. Namun, pada tahun 2011 ini kenyataan tersebut justru berbanding terbalik. Entah di event sekelas latber ato lomba sekalipun, kelas Cucak Jenggot selalu di penuhi oleh peserta. Yang lebih mencengangkan, harga cucak jenggot menggila layaknya kapas tembak yang sudah ngetrend terlebih dahulu. Menurut beberapa sumber, harga Cucak Jenggot eks lomba bisa mencapai 20 juta. Bahkan, harga Cucak Jenggot bakalan dan rumahan pun ikut menggila. Di beberapa pasar burung, harga bakalan yang semula berkisar antara 60-80 ribu, sekarang mulai naik menjadi 120-150.
Untuk burung rumahan yang memiliki volume keras, crecetan tajam rapet dan isian komplit, harganya bisa mencapai 1 jutaan meski belum pernah turun ke lapangan sekalipun. Apakah trend Cucak Jenggot pada saat ini akan bertahan sampai lama? Kita tunggu saja 1-2 tahun kedepan. Semoga saja Cucak Jenggot mampu menyaingi kapas tembak ato bahkan Anis Merah bukan hanya dalam hal harga, tapi juga ketenarannya. Mungkinkah .... ??? Hanya waktu dan kesempatan yang akan membuktikan ....

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts