Wednesday, April 24, 2013

Jenis lovebird paling mahal Di indonesia


Jenis lovebird paling mahal
Jenis lovebird paling mahal
Jenis lovebird paling mahal – Dahulu di Indonesia hanya segelintir orang yang mau memelihara burung ini. Hal ini dikarenakan burung ini dahulu tidak dilombakan, bahkan burung ini dahulu hanya sebagai burung hias. Pecinta burung lovebird ini tertarik akan keindahan warnanya, karena memang burung jenis paruh bengkok ini banyak memiliki variasi warna yang indah. Ada yang kuning, hijau, biru, putih, salem, hitam, violet, bahkan ada juga warna albino serta warna blorok. Saat ini banyak orang yang menyukai burung ini dikarenakan banyaknya EO yang membuka kelas khusus love bird. Lovebird ternyata berfungsi tidak saja sebagai burung hias namun juga sebagai burung master atau pengisi suara burung kicauan lainnya. Namun lovebird juga dapat dimaster dengan suara burung lain semisal kenari, atau prenjak sehingga variasi kicauannya semakin bagus.

Jenis-jenis burung lovebird
Love Bird sendiri ada beberapa jenis misalnya:
  • Lutino
  • albinonon kacamata serta lovebird kacamata.


Harga burung lovebird pun bervariasi mulai dari yang terendah yaitu jenis love bird non kacamata dan Jenis yang paling mahal yaitu jenis lovebird lutiono .
Cara membedakan jantan/betina burung lovebird
Untuk menentukan jenis kelamin lovebird ada yang mengatakan cukup diraba pada bagian supit udangnya apabila rapat maka dipastikan berjenis kelamin jantan, namun apabila renggang sudah pasti betina. Namun ada pendapat lain bahwa ukurang tubuh bisa juga dijadikan patokan terutama apabila love bird itu sudah dewasa. Yang jantan terlihat bodinya lebih besar dibandingkan dengan lovebird betina dewasa. Untuk lebih memudahkan mengetahui jenis kelamin lovebird, beberapa penangkar biasanya menaruh beberapa ekor di dalam kandang polier atau kandang besar kemudian biarkan mereka mencari jodohnya sendiri. Apabila terlihat ada lovebird yang sering berduaan (berpasangan) maka bisa dipastikan bahwa itu sejodoh. Kemudian lovebird tesebut diambil untuk dikawinkan dikandang sendiri. Untuk lebih memudahkan dalam membeli lovebird Anda dapat mendatangi beberapa breeder atau penangkar lovebird yang kini sudah banyak jumlahnya.
Cara mudah merawat burung lovebird
Perawatan lovebird sesungguhnya tidak begitu sulit. Makanan pokoknya adalah biji-bijian. Dapat juga ditambahkan kangkung atau jagung muda. Kangkung dapat meningkatkan birahi lovebird namun jumlahnya tidak boleh banyak-banyak. Begitu juga dengan jagung jangan telalu kebanyakan. Biji bunga matahari atau biasanya disebut dengan kwaci bisa juga diberikan beberapa biji saja sebagai penambah birahi pada lovebird. Penjemuran pada lovebird dapat dilakukan sejak pagi jam 07.00 sampai dengan jam 10.00. Bahkan apabila ingin dilombakan biasanya tempo penjemuran ditambah serta ditempel/didempet dengan burung master lain misalnya kenari.
sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi para pecinta burung sekalian :)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts