Friday, April 26, 2013

Jenis-jenis Ciblek

 Jenis-jenis  Ciblek , ciblek di bedakan menjadi 3 jenis, anatara lain:
1. Ciblek Pari atau sering di sebut dengan ciblek sawah

ciblek sawah
Ciblek pari

Ciblek jenis ciblek pari ini mempunyai ekor yang panjang sebagai ciri khasnya, warnanya cenderung ke putih di bagian dada , namun tetap tidak meninggalkan warna coklat si sekitar punggung dan ekornya, Kalo soal bunyi ocehan ciblek jenis ini hanya bisa satu arah, cit..cit...ciiiitttt... Ciblek pari atau ciblek sawah tergolong sebagai ciblek yang susah di master, andai pun bisa membutuhkan banyak waktu. (keburu mati)
2. Ciblek Gunung 
ciblek gunung
Ciblek gunung

Ciblek gunung mempunyai ciri khas sebagai ciblek dengan body yang besar untuk ukuran ciblek (mohon jangan di bandingkan dengan ayam jago). Mempunyai warna coklat tua di seluruh tubuhnya, Bunyi ciblek gunung pun bervariasi sehingga untuk ciblek jenis gunung ini mudah bagi kita untuk melatihnya, istilahnya di master  geto!! Ciblek gunung ini banyak di jadikan sebagai ciblek kontes atau ciblek petarung kadang ada juga yang menyebut dengan nama ciblek fighter tapi karena lidah jawa menjadi ciblek fektor.karena variasi ocehannya yang bisa bermacam-macam suara. 
3. Ciblek Tambak 

Khusus jenis ciblek tambak mempunyai dua variasi warna , yang pertama adalah ciblek tambak putih dengan kombinasi warna abu-abu. warna putih pada ciblek tambak ini mulai dari leher bagian bawah hingga menuju bawah perutnya, Yang kedua adalah ciblek kuning, sebenarnya ciblek kuning ini masih ada warna putihnya namun lebih cenderung ke kuning , varuasi warna kuning ada di bagian bawah ekornya, kalo dari punggung sampai ekor putih kecoklatan. Untuk masalah ocehan dari burung ciblek tambak ini lebih ke jenis ngebremm , dengan suara tembakan keras, treett treett terreeeettttt.. 

sekian artikel dari saya sobat,semoga bermanfaat bagi semua....

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts