Wednesday, April 24, 2013

Cara Budidaya Ternak Burung Love Bird

Cara Budidaya Ternak Burung Love Bird

Cara Budidaya Ternak Burung Love Bird | Burung pecinta atau love bird adalah burung dengan warna yang beraneka ragam, bentuk tubuhnya yang imut dan lucu serta suaranya yang riang kadang bisa menirukan suara prenjak dan ciblek. Burung ini sangat pas untuk anda yang menyukai warna dan keramaian burung dalam berkicau. Burung yang tanpa kenal lelah selalu bernyanyi dan berjingkrak, burung dengan harga jual yang menggiurkan sehingga menjadikannya sebagai peluang usaha alternatif untuk di coba.
Bagi pemula beternak love bird sangatlah mudah, peternak pun tidak akan kerepotan urusan makan burung ini karena tidak makan jangkrik. Untuk itu langsung saja kita bahas bagaimana cara beternak love bird dengan mudah.

Cara Budidaya Ternak Burung Love Bird

Cara membuat kandang love bird :
  • Siapkan saja kawat ram atau sangkar besi ukuran 50x50x50 cm bisa di tempati sepasang love bird.
  • Jangan lupa siapkan tempat bertelur burung ini yang terbuat dari kotak kayu ukuran 25x20x25 cm.
  • Siapkan juga tenggeran
Setelah punya kandangnya saatnya kita berburu love bird jantan dan betina. Tapi sebelum itu cari umur produktif love bird berumur diatas 6 bulan. Setelah itu kamu cari burung jantan dan betinanya. Bila burung itu jantan akan ada sesuatu yang lancip pada bagian pantat love bird sedangkan yang betina tumpul, lebar dan jemek. Kamu juga bisa melihat dari karakter burung love bird betina yang bbirahi dengan mengamati ketika dia mengumpulkan bahan untuk sarang denga menyelipkannya dibawah sayap. Kalau kamu bisa mengamati paruhnya juga bisa untuk burung yang seumuran. Bila dari pangkal sampai ujung meruncing berarti jantan, bila betina cenderung melebar.
Setelah love bird berjodoh maka jangan lupa setiap hari pakan dan minum diganti biar burung ini sehat. Berikan kulit jagung kering di dalam sangkar, biar indukan menata sendiri tempat bertelurnya. Jika sudah bertelur maka akan kelua 3 – 6 butir dan masa pengeraman 21 – 32 hari. Begitu menetas indukan akan meloloh anaknyamakan. Anakan love bird akan keluar dari sarangnya setelah berumur antara 5 – 8 minggu lalu kamu perhatikan bila sudah bisa makan sendiri sudah dapat kamu pisahkan.
Tips untuk love bird yang takmau meloloh anakannya kamu bisa memberikannya bubur bayi beli di mini market, atau kacang hijau yang sudah di tumbuk.  Dan latih makan buah , sayur, milet ketika sudah berumur diatas 3 minggu.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts