Wednesday, April 24, 2013

Sekilas Tentang Lovebird



Nama lovebird berasal dari kata agapornisAgapein yang berarti “to love” di bahasa yunani dan ornis yang berarti "bird" dalam bahasa Latin. Lovebird adalah burung yang berasal dari Afrika dan Madagaskar. Lovebird memiliki ukuran antara 13 – 17 cm dan berat antara 40 – 60 gram.Lovebird adalah burung berparuh bengkok terkecil didunia. Burung ini umumnya berwarna hijau dengan variasi warna pada tubuh bagian atas tergantung dari jenisnya. Lovebird dapat hidup dalam jangka waktu yang cukup lama , yaitu antara 10 – 15 tahun.
Umumnya lovebird memiliki sifat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan, suka berteriak, bertarung, berani namun bisa dijinakkan, tidak mudah stres, menyenangi lingkungan yang sejuk dan suka mandi serta hidup berkelompok. Akan tetapi, jangan salah sangka dengan burung yang satu ini. Sekalipun disebut sebagai “ burung cinta “ yang melambangkan kedamaian dan harmoni, dalam kenyataannya burung ini bisa menjadi sangat buas terhadap burung lain, terutama ketika ada pendatang baru yang masuk ke dalam wilayah atau sangkarnya.
Dihabitat aslinya lovebird hidup secara berkelompok. Mereka setia dengan pasangan dan lebih mengutamakan pasangannya dari pada kelompoknya sendiri. Sering terlihat juga bagaimana lovebird selalu berdekatan dan bermesra – mesraan dengan pasangannya di setiap waktu. Saling menyuapi saat makan juga menjadi keunikan tersendiri bagi burung ini.
Makanan utama lovebird adalah biji-bijian, tetapi ada juga species lovebird yang memakan serangga untuk selingan, yaitu abyssinian lovebird. Lovebird sangat menyukai air. Mereka biasanya tinggal di daerah-daerah yang dekat dengan air atau sungai. Mereka suka mandi. Selain hanya untuk sekedar bermain-main dengan air, aktivitas mandi ini juga berguna untuk menjaga suhu dan kelembapan tubuh mereka. Di alam bebas, lovebird dapat menjadi sangat kuat, cepat, serta memiliki kemampuan manuver terbang luar biasa dengan sayap-sayapnya yang kecil dan melingkar. ketika akan bertelur, lovebird bisa membuat sarang dimana saja sesuka hati mereka. Seperti puncak pohon yang tinggi, pada batang pohon yang berlubang, pada dinding-dinding batu, hingga menempati bekas sarang burung lain. Dalam pembuatan sarang untuk bertelur, lovebird yang paling pintar adalah fischer dan masked Dua spesies lovebird ini dapat membuat sarang yang cukup besar. Sarang tersebut memiliki dua ruang utama sebuah ruangan besar sebuah ruang lagi sebagai tempat bertelur dan membesarkan anak. Sepasang lovebird fischer dan masked biasanya membutuhkan waktu antara 10 hingga 30 hari untuk membangun sarang.
sekian artikel dari saya semoga bermanfaat....

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts