Thursday, April 18, 2013

Perbedaan Burung Cucak hijau Jantan dan betina




Perbedaan burung Cucak hijau Jantan dan betina dengan mudah dilihat dari fisiknya. pada burung cucak hijau dewasa di bagian kepalanya sampai leher ada semacam topeng yang berwarna hitam menutupi bagian mulut, pipi hingga leher. dan jika masih muda, umur dibawah 4 bulan alis diatas mata berwarna kuning, jika berwarna putih itu menandakan berjenis kelamin betina, yang jantan paruh bawah berwarna coklat tua sedang yang betina berwarna putih, jika bakalan sudah berumur di atas 4-6 bulan, maka betina akan berwarna kuning di bagian leher, kemudian akan berubah menjadi warna putih kehijauan. Sedangkan jantan, warna kuningnya akan dipenuhi trotol-trotol hitam. Pada dua bulan berikutnya, warna hitam itu akan tampak lebih jelas pada bagian leher/bawah paruh. Sedangkan untuk Betina dewasa tidak memiliki topeng. Yang masih muda warna hijaunya agak kekuningan makin tua hijaunya makin pekat.

Baik burung cucak hijau jantan maupun betina keduanya sama - sama berbunyi keras dan bervariasi, tergantung masterannya ... burung cucak hijau mudah beradaptasi dan cepat jinak dengan perawatnya, tetapi burung ini juga mudah shock/ stress jika sangkarnya jatuh maka kita perlu berhat-hati jangan sampai sangkarnya jatuh. Jika burung mengalami kondisi stres biasanya selama 3 sampai 4 hati tidak akan berbunyi, selanjutnya akan normal lagi.  

Untuk makanan utama cucak hijau adalah serangga seperti jangkrik, ulat bambu, dll juga buah buahan seperti pisang dan pepaya.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts