Sunday, April 21, 2013

Membedakan Anis Merah jantan Betina


Membedakan Anis Merah jantan Betina Pada kesempatan kali ini  akan membuat artikel tentang Membedakan Anis Merah jantan Betina

Membedakan Anis Merah jantan Betina


Burung Anis Merah termasuk burung kicauan yang cukup sulit untuk dibedakan jenis kelaminnya apalagi bagi pemula. Burung anis termasuk dalam golongan burung monomorfik yaitu burung yang antara jantan dan betina memiliki ciri fisik yang hampir sama. Bahkan seorang ahli burung pun sering juga salah menentukan jenis kelamin anis merah.

Berikut ini adalah beberapa cara menentukan jenis kelamin burung anis merah yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan akurat.

  • Anis merah jantan pada umumnya punya warna merah yang lebih terang dan tajam ketimbang anis merah betina.Warna hitamnya pun lebih legam yang jantan jika kita bandingkan dengan betina.
  • Cara menentukan jenis kelamin anis merah dapat dilakukan dengan cara meraba kloaka untuk mengetahui kerapatan tulang supitnya. Jika rapat dan terasa runcing biasanya burung tersebut memiliki jenis kelamin jantan. Jika agak lebar dan lembek biasanya berjenis kelamin betina.
  • Cara lain yaitu dengan memperhatikan perilaku burung tersebut. Anis merah jantan hampir selalu mengangkat kepala jika bertemu anis merah lain. Sedangkan anis merah betina tidak menunjukkan demikian. Jika anis merah betina sedang dalam masa birahi dan bertemu anis merah jantan yang sedang bernyanyi maka yang betina akan menggerakkan sayap dan berbunyi cirr
  • Cara lain menentukan jenis kelamin anis merah yaitu dengan meyemprotkan air pada bulu bulu yg berwarna putih dibawah ekor dekat dubur sampai basah, jika keluar warna kekuning kuningan pada bulu putih atau bisa juga berubah jadi semu kuning di dekat dubur maka burung tersebut  Jantan dan jika warna bulu tetap putih maka burung tersebut betina.
  • Selain cara cara diatas dapat juga menentukan pejantan anis merah dengan ciri: 
  1. Bentuk kepala anis merah jantan lonjong.
  2. Anis merah jantan mempunyai bentuk paruh tebal, besar dan panjang. Biasanya mempunyai kekuatan suara yang kuat. 
  3. Sobekan paruh pilih yang paling dekat dengan mata. 
  4. Bentuk paruh jika dilihat dari atas terlihat lancip keatas (seperti bentuk buah belimbing)
  5. Bentuk lubang hidung memanjang dan lebar.
  6. anis merah jantan memiliki bentuk leher panjang.
  7. Jari-jari panjang. 
  8. Sayap mengepit rapat (singset). 
  9. Ekor berbentuk huruf M.

Nah begitulah kawan  saya mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan sobat
semoga bermanfaat artikel dari saya ini.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts