Thursday, April 18, 2013

Makanan Untuk Murai Batu

Dalam habitat aslinya murai batu adalah pemakan jenis serangga berupa jangkrik, ulat, kelabang, orong-orong, sejenis cacing dan lain-lain.  Sedangkan makan burung murai batu yang sudah di tangkarkan ataupun dijinakkan adalah sebagi berikut:
  1. Kroto segar. Kroto merupakan telur dari semut Rangrang. Banyak kandungan protein. Kroto merupakan makanan kesukaan hampir semua burung berkicau tidak terkecuali Murai Batu. Belilah kroto yang masih segar dan tidak bau busuk. Kalau penggunaan kroto tidak hati-hati maka burung kesayangan kita bisa sakit. Kroto bagus untuk Murai Batu bakalan agar cepat bernyanyi.
  2. Jangkrik. Banyak mengandung Karbohidrat,Protein dan lemak. Pemberian pakan jangkrik harus dengan membersihkan dulu kaki-kakinya yang tajam. Agar tenggorokan burung tidak terluka. Bahkan beberapa penjual dan pemain Murai Batu mengharamkan memberikan jangkrik untuk Murai Batu baru tangkapan minimal satu bulan pertama. Alasannya takut jangkriknya nyangkut di tenggorokan (kelolodhen), dan sering mengakibatkan kematian. Namun pendapat ini masih perlu di perdebatkan. Jangkrik biasanya untuk meningkatkan kekuatan (power) suara burung.
  3. Ulat Hongkong. Banyak mengandung lemak dan protein.Penggunaannya harus hati-hati dan menggunakan takaran, tidak boleh berlebihan. Efeknya terhadap burung, badan terasa hangat. Sebaiknya penggunaannya sekali-kali saja, bukan untuk rutinitas. Efeknya yang negatif disamping burung cepat gemuk di
  4. Ulat Balap (Ulat Kandang). Habitatnya di peternakan ayam sangat banyak di jumpai. Banyak kandungan protein dan sedikit lemak. Tidak ada efek samping yang membahayakan. Banyak kicaumania menggunakannya satu tepat makananan burung hampir penuh. Biasanya pakan ini diberikan sebagai makanan tambahan atau pengganti kroto bila sulit didapat.
  5. Ulat Bumbung (Ulat Bambu). Ulat ini banyak dijual di kios-kios penjual pakan burung yang dimasukkan kedalam tempat bambu. Biasanya ulat bumbung ini untuk menurunkan birahi burung akibat kebanyakan pemberian extra fooding.
  6. Voer. Adalah pakan buatan pabrik. Pilihlah pakan voer yang kualitas baik untuk burung kesayangan kita. Pilih yang kandungan proteinnya 12 -18 %. Yang baik tidak harus mahal. Voer harus selalu tersedia di dalam tempat pakan burung dan ganti setiap dua hari sekali. Yang jadi masalah burung bakalan tidak mudah mau untuk langsung mau makan voer. Butuh waktu dan kesabaran. Makanan Untuk Murai Batu

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts