Tuesday, March 17, 2015

Cara membuat EF untuk burung pleci

EF burung pleci
Cara membuat EF untuk burung pleci
Cara membuat EF untuk burung pleci. EF (Extra Fooding) sangatlah penting untuk diberikan pada burung peliharaan. Karena pemberian EF bertujuan untuk melengkapi gizi pada burung. Burung yang tidak kurang dari gizi pasti akan sehat dan rajin berkicau. Pemberian voer biasa saja tidak akan cukup untuk memenuhi gizinya apabila tidak di dampingi dengan pemnerian EF (Extra Fooding).  Oleh karena itu, kita harus sesering mungkin memberikan EF pada burung yang kita pelihara. 

Burung pleci sama seperti burung pengicau lain nya yang butuh extra fooding untuk memenuhi kebutuhan pakan yang kaya akan gizi. Supaya sehat, gacor atau buka paruh, burung pleci harus sesering mungkin diberi extra fooding.

Betikut ini Cara membuat EF untuk burung pleci :
◆ Bahan :
○Wortel
○Telur puyuh
○Kacang kedelai
○Jangkrik
○Udang

◆ Cara membuat atau meracik :
○Cuci wortel sampai bersih, potong kecil-kecil dan haluskan dengan cara ditumbuk atau blender (sampai halus).
○Rebus telur puyuh hingga matang, dinginkan dan haluskan dengan cara ditumbuk atau blender (sampai halus).
Untuk telur puyuh, gunakan kuning telurnya saja. Tapi bila putih telurnya ingin Anda gunakan juga tidak masalah.
○Cuci kacang kedelai sampai bersih, rebus dengan air mendidih sampai matang tapi jangan terlalu matang dan haluskan dengan cara ditumbuk atau blender (sampai halus).
○Untuk jangkrik, buang kaki tajamnya lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau blender (sampai halus).
○Kupas udang, ambil dagingnya saja dan haluskan dengan cara ditumbuk atau blender (sampai halus).
○Setelah semua bahan sudah dihaluskan, jangan dulu dicampur satu sama lain. Jemur bahan-bahan yang telah Anda haluskan tadi hingga kecing menjadi seperti tepung.
○Jika semua bahan yang dijemur sudah kering, silahkan mix (campur) tepung wortel, tepung kacang kedelai, tepung jangkrik dan tepung udangnya menjadi satu hingga merata.
○EF (Extra Fooding) yang Anda buatpun sudah siap di hidangkan untuk burung pleci Anda.

Itulah Cara membuat EF untuk burung pleci. Sebenarnya jika Anda tidak ingin repot untuk menjemur semua racikan, Anda bisa langsung memberikan racikan EF yang sudah di haluskan. Tanpa harus menunggu menjadi tepung. Hanya racikan yang Anda buat tadi lembek (tidak kering/tepung).

Note : Meskipun burung Anda sudah diberi extra fooding, bukan berarti Anda tidak memberi pakan voer seperti biasanya. Anda harus selalu memberikan pakan voer seriap harinya. Extra fooding hanyalah pakan pelengkap agar gizi untuk burung terpenuhi. Berikan secukup nya, jangan terlalu berlebihan yang nantinya akan mengakibatkan burung menjadi gemuk. Karena jika burung pleci kegemukan, dia akan susah untuk berbunyi dan tidak lincah. Semoga bermanfaat


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts