Thursday, May 2, 2013

Perawatan bakalan serindit

 
Untuk memperoleh suara yang lengkap, idealnya kita memelihara serindit sejak muda, karena akan lebih mudah dimaster. Usahakan mencari bakalan yang beranjak dewasa, ketika sebagian tanda biru di kepala dan merah di tenggorokan masih samar-samar.
memberikan hasil Perawatan burung serindit itu sendiri tidaklah sulit, karena burung ini dikenal sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya selain itu kemudahan alam pemberian pakan misalnya membuat burung ini sangat cocok dipelihara oleh pemula yang baru saja menekuni hobi barunya yaitu burung kicauan contohnya saja serindit hanya cukup diberi nasi setiap hari saja burung ini sudah mau berkicau dengan riangnya apalagi jika dibarengi dengan pemberian buah-buahan dan makanan lainnya.

Salah satu hal yang lumayan susah dalam merawat serindit muda hutan (MH) atau tangkapan hutan adalah mengajarinya makan millet atau biji-bijian. Sebab di habitat aslinya, mereka cenderung makan buah-buahan yang manis.
Tetapi dengan berbagai cara dan pelatihan yang kontinyu, burung ini lama-lama akan menyukai biji-bijian. Berikut ini beberapa cara mengenalkan millet kepada serindit MH (Anda bisa mencoba salah satu) :

  • Cara yang lazim digunakan adalah menempelkan millet pada buah-buahan. Bisa juga memotong buah, lalu menyimpannya dalam wadah millet dan dilumuri dengan millet.
  • Menyatukan serindit yang belum biasa makan millet dengan serindit yang sudah terbiasa makan millet. Hal ini akan merangsang minatnya untuk ikut-ikutan memakan millet.
  • Mencampur millet dalam air gula (air yang manis). Air gula juga bisa digantikan dengan madu. Lakukan selama beberapa hari, kemudian coba berikan millet yang utuh atau kering. Kalau sudah mau memakannya, berarti Anda berhasil mengajarinya makan millet.
Adapun jenis buah yang disukai burung serindit sangat beragam. Di alam bebas, burung ini antara lain menyukai rambutan, jambu monyet, apel, pepaya, anggur, jeruk, pisang kepok, dan sebagainya. Jika Anda merasa aman dengan buah-buahan yang dibeli dari pasar, maka buah cukup dicuci bersih lalu diberikan kepada burung.


Perawatan lain yang dianjurkan adalah memandikannya setiap hari, baik dengan cara disemprot halus pada bagian dada dan punggung serta ekornya (jangan terkena muka, karena air semprotan bisa masuk ke lubang hidung (nostril). Bisa juga menyediakan bak mandi jika burung terbiasa dengan cara seperti itu, Selanjutnya, penjemuran cukup sebentar saja.

sekian artikel dari saya tentang burung serindit semoga bermanfaat .....

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts